January 9, 2013

Premiere "scar(f) - Luka & Sapu Tangan"

Poster "scar(f) - Luka & Sapu Tangan"
Ok, saya akui agak sedikit terlambat dalam memposting ini, tapi yah mau gimana lagi, hanya sempet sekarang. Better than nothing kan?

Let’s start.
Tanggal 23 Desember 2012 lalu, di Semarang digelar premiere dari sebuah film berjudul “scar(f) – Luka & Sapu Tangan”, yang diproduksi oleh production house indie bernama AldPilem Production dan KHBF (Kita Harus Bikin Film) Crew sebagai awaknya, yang mengambil tempat di Lapangan Mahesa Semarang, which is adalah sebuah lapangan didalam komplek perumahan.  Sounds weird? I’ll tell you later. Ok next.

Saya datang kesana sekitar jam 19.00 sesuai jadual acara, dan hujanpun agak kurang bersahabat waktu itu. Karena ini outdoor, bisa dibayangin sendiri lah ya. Hehe..Ternyata keseluruhan acara ini berjudul Taman Seni Mahesa, yang inti acaranya adalah premiere film itu tadi. Mereka menyulap taman komplek perumahan menjadi semacam open space art gallery, dengan menambahkan lampu-lampu, dan ornamen pendukung lain.

Jangan diharapkan premiere ini mirip ala Hollywood yang pake red carpet and all glamorous things itu ya. When i say indie, i meant it. Seperti yang pernah saya bahas dipostingan sebelumnya, mereka benar-benar fighter. These guys using all they have to make their dreams come true. And it came true! Menggunakan alat seadanya, uang kolektif, tapi menghasilkan karya yang saya sendiri akan berpikir ulang untuk memproduksinya.

Mengambil konsep layar tancap, Dika (director dan sekaligus penggagas acara ini) dan kawan-kawan cukup sukses membawa suasana layar tancap oldschool ala kelurahan. Cukup menarik sih, mengingat jarang ada konsep seperti ini sekarang. Atau saya yang jarang ngerti ya? Wkwkw...

And God has His plan, hujanpun berhenti! Maka sebagai opening ada suguhan akustik dari band Semarang bernama Under Sky yang cukup memberi refreshment buat penonton yang sedari tadi menunggu hujan.
Daaaann..., jeng jeeenngg!! Yang ditunggupun tiba. Menggunakan media layar berukuran 5 x 3 meter ternyata mampu merebut hati penonton (halah..), yang didominasi oleh warga sekitar dan beberapa tamu undangan.  Ada 2 film yang diputar kemarin itu, yang pertama adalah project AldPilem berupa iklan layanan masyarakat untuk sebuah institusi di Semarang. Hanya beberapa menit tapi sangat menghibur.
Kemudian disusul film kedua, “scar(f) – Luka & Sapu Tangan”. Secara singkat film ini diawal bertema romansa, drama cinta antara pria wanita disebuah lingkungan dengan keseharian yang diekspose detail oleh sutradara. Mengambil set lokasi juga di tempat mereka semua hidup sehari-hari. setidaknya itu yang saya tangkap. Namun diseperempat akhir film, ada plot yang menyusul untuk melengkapi menutup film yang berdurasi kurang lebih 45 menit ini. Sangat menghibur dan menuai banyak apresiasi positif setelah pemutaran itu. Meski yah, harus diakui kekurangan masih ada disana-sini. Tapi, karya adalah karya, apapun itu, harus diapresiasi, betul? :)
Dan keseluruhan acara berakhir jam setengah sebelas malam. It’s quiet entertaining guys. Ada pemutaran film indie karya teman-temanmu, berkonsep layar tancap, dan jajan pasar as free. Kebayang? Hehe...

Oya, acara kemarin itu disponsori beberapa pihak, antara lain NNKA Store, Diorama Media, SDM Manual Screen Printing, Sneezy, dan tentunya ASU Crew.

Ok thats it for this event, saya harus bersiap menghadapi 2013 (apa hubungannya?)
Silakan simak beberapa foto dan trailernya dibawah. Enjoy pals.


Rise up
Panjitengkorak

Venue - Lap. Mahesa Semarang
Para MC's
UnderSky akustik performance
Dika sedikit memberi pencerahan tentang acara dan juga filmnya
Crowd
Another crowd
Crowd, again..
Eno (Serempet Gudal) dan @ataliacitra - Presenter TVKU Semarang

Para crew dan cast
mmm..., kalo ini tanpa caption aja deh, hihi..

Trailer "scar(f) - Luka & Sapu Tangan"


Trailer scar(f) - Luka & Sapu Tangan from ASUCrew on Vimeo.

No comments:

Post a Comment